Selasa, 28 Februari 2012

Membangun bus antar kota dalam propinsi terpencil



image by: balog

Keputusan untuk membuat karoseri dari chassis truck ,tidak dapat di hindari..Pengalaman mengajarkan , bertapa sulitnya mencari suku cadang dan service , membuat beberapa operator daerah terpencil membangun bus antar kota dalam  propinsi (AKDP ) memilih chassis truck untuk bus kelolahannya. Ada hal  yang memberi  keuntungan bila membangun bus dari chassis truck bagi pengusaha bus di daerah terpencil  yang masih sulit terjangkau seperti..Kabin dan driving board  original pabrik.. sehingga tidak banyak perubahan oleh karoseri , dari segi kekuatan suspention dapat diandalkan di daerah yang berbukit dan jalan yang rusak bahkan yang off road, spare part original yang terpasang di chassis truck banyak populasinya di daerah terpencil..kemungkinan tersedianya suku cadang penting lebih banyak.
Jadi membangun karoseri  bus untuk daerah yang masih sulit terjangkau , karoseri harus sesedikit mungkin merubah part-part  original , bahkan sebisanya semua part original harus tetap pada tempatnya, seperti lampu-lampu, tangki bensin, saringan udara , akses masuk untuk service dan lain-lain. Sehingga  operator dapat lebih muda mengadakan perbaikan sendiri di lapangan.
Maka tidak dapat di hindari operator bus daerah terpencil memilih chassis truck untuk membangun bus, karena kebiasaan dan untuk menghindari kerusakan suspention  dan kaki-kaki  akibat dari infrastruktur jalan yang belum baik bahkan harus melalui jalan berbatu atau off road.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan pesan anda yang membangun
kami sangat menghargai nya